Pages

Senin, 08 Oktober 2012

'Ungu', Menginspirasi!!



Selama ini warna ungu umumnya diidentikkan dengan janda, mistis maupun kearoganan. Namun, menurutku semua itu salah. Karena dalam konsep warna dasar Red-Green-Blue yang dituangkan dalam singkatan RGB menjadikan ungu sebagai warna yang memiliki arti yang luar biasa.  Tiga warna dasar yang dijadikan patokan warna secara universal (primary colors).
Dengan basis RGB, kita bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal. Ada pemrograman berbasis text, misal xBase (dBase/FoxPro/Clipper), warna RGB ini didefinisikan dengan sangat sederhana yaitu dengan perintah dasar SET COLOR TO warnaRGB.
R = Red (Merah)
G = Green (Hijau)
B = Blue (Biru)
W = White (Putih)
N = None (tanpa warna atau Hitam)
Pada pemrograman GUI, maka RGB memiliki spektrum yang lebih luas dibanding era text-based. Beberapa tools menggunakan RGB dengan nilai 0 s/d 255. Ada juga yang menggunan nilai hexadecimal dari nilai 00 sampai dengan FF. Layaknya warna ungu yang merupakan kombinasi dengan perbandingan kurang lebih R:G:B= 146:54:155.
Kita tahu bahwa warna biru memili sifat ketenangan dan kelembutan. Warna merah memiliki sifat pemberani. Sedangkan, hijau berarti empati dan membangkitkan energi. Lalu, mengapa perbandingan terbesar ada ditangan si Biru, lalu disusul dengan Merah dan terakhir Hijau dengan perbandingan yang begitu besar?. Karena ‘ungu’ hadir sebagai sosok yang terlihat pemberani namun ketenangan dan kelembutan selalu dirasakan dengan siapa saja yang ada di dekatnya dan  ‘ungu’ selalu menebarkan empati dan berusaha untuk membangkitkan energi. ‘ungu’ hanya hadir dengan keanggunannya yang selalu menginspirasi lingkungannya. Bukan sebagai janda arogan yang menyendiri hingga dijauhi oleh orang-orang sehingga ia datang dengan aura mistis yang seram mengundang hantu  kehidupan.
‘ungu’ pun bukan sekedar warna tunggal layaknya warna lain yang hadir dalam warna saja. Meskipun ia ada karena penggabungan ketiga warna dasar, namun ia dapat menghadirkan banyak pesona yang tak dapat dihadirkan oleh warna lain. Kecerdasan dalam mencampurkan berbagai warna sangat kuat membius insan menjadikan ia tetap anggun dalam berbagai rupa.
Ia tegar ketika warna tua dan warna muda dipadukan menjadi satu. Ia lembut ketika ia hadir dengan warna mudanya. Ia terlihat mewah saat ketuaanya tampak kuat. 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

jadi ini, kenapa identik dengan warna Ungu... sip lhah.

Posting Komentar